Operasi kelamin

a. Pengertian Operasi kelamin
Perkataan penggantian kelamin merupakan terjemahan dari bahasa inggris transeksual. Karena memang opresi tersebut sasaran utamanya adalah mengganti kelamin seorang waria yang mengingikan dirinya menjadi perempuan. Padahal waria digolongkan sebagai laki- laki.

Maka dalam hal ini dapat ditarik suatu pengertian bahwa penggantian kelamin transeksual adalah usaha suatu dokter Ahli bedah plastik dan kosmetik untuk mengganti kelamin seorang laki- laki menjadi kelamin perempuan, melalui proses operasi.

b. Proses operasi dan efeknya
Bukan hanya dibarat saja yang menunjukkan keberhasilan beberapa dokter ahli, mengganti kelamin laki- laki mejandi perempuan, tetapi diindonesia pun sudah banyak dokter yang mampu membuat seperti itu.
Meskipun proses pergantian kelamin (transeksual) hanya memerlukan waktu dua jam saja, namun hal tersebut tidak bisa disebut sebagi operasi kecil, karena resikonya sangat besar bila terjadi kekurangan ketelitian atau kelalaian dokter yang menanganinya. Resiko yang dimaksudnya, bukan saja terjadi saat pembedahaan, tapi justru sesudahnya yang lebih berbahaya. Lebih- lebih larangan dokter dilanggar oleh yang menjalani pergantian kelamin itu.
Pada operasi penggatian kalamin, penis ( djakar ) dan scrotun ( buah jakar atau buah pelir serta testis tempat reproduksi sperma dibuang sedangkan kulit krotan digunakan untuk menutup ling vagina dan untuk pembuatan elitoris diambil sebagian dari penis yang telag terbuang tadi.
Karena operasi tersebut termasuk pembedahaan yang mengandung resiko, maka seorang dokter yang menanganinya harus berhati- hati dan cermat, karena bisa saja terjadi hal- hal sebagai berikut:
1. tembusnya anus atau tempat kotoran, sehingga mestinya kotoran keluar melalui dubur, tetapi justru melewati liang vagina buatan itu. Maka kedalaman liang vagina buatan itu harus disesuaikan dengan besarnya pinggul atau anatomi tubuh yang menjalani opresi. Tentu saja, pinggul yang agak kecil tidak diperbolehkan membuat liang vaginanya terlalu dalam, karena dikhawatirkan dapat menembus tempat kotoran, yang pada gilirannya dapat berbahaya terhadap pasien itu sendiri. Tetapi kebanyakan pasien yang diopreasi di Indonesia, kedalaman vaginanya hanya mencapai antara 10 sampai 15 cm. Itupun masih bisa mengerut dan memendek bila operasinya sudah sembuh. Oleh karena itu vagina buatan yang selesai dioperasi, dipasangi didalamnya sebuah alat penyanggah yang disebut “tampo” selama satu bulan baru bisa dilepaskan. Dan kalau dilepaskan sebelum lukanya sembuh, maka liangnya bisa tertutup lagi.
2. terjadinya kelainan syaraf pada penderita, bila ia tidak dapat menahan kencing setelah operasi selesai. Ini terjadi. Karena ketika dioperasi, saluran kencing ikut terbuang.

Adapun satu hal yang sangat berbahya terhadap pasien bila ia tidak menuruti nasehat dokter, yang akhirnya melakukan hubungan seks sebelum vaginanya betul-betul sembuh. Perbuatan semacan itu, bisa mengibatkan robeknya selaput perut yang bisa menembus saluran kotoran. Dan kalau terjadi hal seperti itu, maka satu-satunya cara mengatasinya, adalah operasi kembali untuk menutupinya. Berarti tidak lagi berfungsi sebagai vagina, tetapi hanya saluran kencing saja.
Kalau vaginanya sudah sembuh, maka sudah bisa difungsikan sebagaimana keinginan pasien, menurut keterangan dokter. Sehingga tidak sedikit waria yang sudah mengganti kelaminnya, melangsungkan perkawinan dan hidup berumah tangga dengan laki-laki. Dan perlu diketahui hubungan seks antara keduanya, bisa saling memuaskan sebagimana layaknya laki-laki dan perempuan, hanya saja ia tidak dapat hamil, karena maninya tetap berjenis sperma, tidak bisa diubah oleh dokter menjadi ovum. Maka disinilah letak keterbatasan dokter ahli sebagaimana manusia biasa, yang tidak deapat mengubah jenis sperma menjadi ovum. Sebagai syarat utama terjadi pembuahan ( kehamilan ) seseorang.
Ada lagi keberhasilan dokter, menemukan obat yang dapat digunakan oleh waria untuk merawat bodinya menjadinya sama dengan parempuan, yaitu keluarga berencana ( KB ), yang selama ini hanya berguna sebagai alat kontasefsi, menurut dokter, tablet KB itu dapak merangsang tubuh manusia dan berfungsi untuk menghaluskan kulit waria serta merangsang pertumbuhan payudara dan memperbesar pinggulnya, yang tentunya mempunyai aturan-aturan tertentu dalam memakainya, agar tidak terjadi efek samping dari padanya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger